Thursday, June 25, 2015

Tak Hanya Kisah Nyi Roro Kidul di Pelabuhan Ratu, Terbaru Ditemukan Situs Kuno

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Tak Hanya Kisah Nyi Roro Kidul di Pelabuhan Ratu, Terbaru Ditemukan Situs Kuno istimewa/MARI

Lepas dari soal Nyi Roro Kidul, Pelabuhan Ratu dikenal dengan pantainya yang indah. Tak hanya itu saja, kini ada temuan baru yang akan memancing banyak sejarawan atau juga wisatawan berkunjung. Tak lain penemuan situs kuno yang diduga peninggalan zaman prasejarah.

“Masyarakat Arkeologi Indonesia (MARI) terus berusaha mengungkap peradaban Indonesia masa silam. Setelah melakukan lacak artefak di kawasan Prasejarah Gunung Padang Cianjur Jawa Barat bulan April lalu, penelitian dilanjutkan menelusuri selatan Situs Gunung Padang sampai ke Pantai Selatan,” terang Ketua MARI Ali Akbar, Kamis (24/6/2015).

Ali yang juga pengajar di jurusan Arkeologi UI ini menyampaikan, berdasarkan penelitian MARI ditemukan sejumlah situs di selatan Gunung Padang. Penelitian terus dilakukan menuju laut karena situs sebesar Gunung Padang yang dipercaya sebagai sentral pasti mempunyai akses untuk memudahkan mobilitas masyarakat dari berbagai lokasi.

“Penelitian terbaru di bulan Juni 2015 ini ternyata menemukan situs di Pelabuhan Ratu di Sukabumi Jawa Barat. Penemuan diawali dengan upaya mencari batu yang mirip dengan batu penyusun Situs Gunung Padang yakni Kekar Tiang (Colunnar Joint). Berdasarkan survei arkeologi di permukaan tanah ternyata ditemukan columnar joint dalam formasi alami di tepi pantai,” terang Ali.

Survei terus dilakukan dan hanya berjarak sekitar 50 meter ditemukan lagi columnar joint yang panjangnya sekitar 20 meter dalam posisi vertikal.

“Survei terus dilajukan di seberang jalan raya Cisolok - Pelabuhan Ratu. Ternyata di balik pepohonan ditemukan tangga yang terbuat dari potongan-potongan columnar joint. Tangga tersebut menuju ke atas dan di atas bukit ditemukan struktur punden berundak,” urai dia.

Punden berundak (stepped pyramid) merupakan bangunan yang disusun bertingkat semakin ke atas semakin mengerucut atau semakin kecil. Situs Pelabuhan Ratu ini sedikitnya bertingkat tiga.

“Penemuan ini sangat menarik karena Situs Gunung Padang juga disusun dari columnar joint dan merupakan bangunan punden berundak. Apakah ada kaitan antara Situs Gunung Padang dengan Situs Pelabuhan Ratu akan segera diteliti lebih lanjut,” tutup dia. 
 (bag/dra)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tak Hanya Kisah Nyi Roro Kidul di Pelabuhan Ratu, Terbaru Ditemukan Situs Kuno

0 comments:

Post a Comment